Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat

Makanan khas Jawa Barat –┬áMembahas tentang kekayaan Indonesia memang tidak akan pernah ada habisnya. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memiliki keberagaman dari banyak hal, mulai dari kebudayaan hingga tradisinya. Jawa Barat menjadi salah satu provinsi dengan penduduk yang paling padat. Otomatis, masyarakatnya juga memiliki banyak kebiasaan unik dan khas yang mencerminkan kekayaan.

Makanan Khas Dari Jawa Barat

Jawa Barat terkenal akan banyak keseniannya, dari seni tari, seni lagu dan alat musiknya. Di sisi lain, provinsi tersebut juga memiliki banyak makanan khas. Hidangan khas dari Jawa Barat identik dengan rasa pedas karena berfungsi sebagai penghangat tubuh. Memang di provinsi tersebut banyak dataran tinggi yang berhawa dingin. Berikut adalah beberapa kuliner asli Jawa Barat yang namanya sudah cukup populer.

1. Sate Maranggi

Olahan daging yang ditata pada tusuk dan dimasak dengan cara dibakar ini merupakan kuliner umum di Indonesia. Kepopuleran sate bahkan sudah mendunia. Salah satunya adalah Sate Maranggi yang merupakan salah satu makanan khas Jawa Barat. Sate ini dibuat dari daging sapi. Bumbunya terbuat dari kecap dan bahan lain hingga menghasilkan cita rasa pedas manis yang sangat nikmat.

2. Cireng

Selain makanan yang bisa dijadikan teman makan nasi, Jawa Barat juga punya sederet camilan khas. Cireng adalah satu di antara sekian banyak camilan populer dari Tanah Pasundan tersebut. Camilan tersebut dibuat dari bahan tepung terigu dan tepung tapioka. Rasa gurih cireng dihasilkan dari perpaduan bawang putih, merica dan garam. Cireng biasanya dikonsumsi bersama dengan bumbu kacang atau jenis sambal lainnya.

3. Empal Gentong

Empal Gentong merupakan rekomendasi makanan khas Jawa Barat selanjutnya. Tepat berasal dari Cirebon, makanan ini dimasak dengan daging sapi sebagai bahan utamanya. Dinamakan Empal Gentong karena kuliner ini dimasak di dalam gentong khusus dan biasanya menggunakan perapian tradisional. Banyak rempah yang digunakan sebagai bumbu membuat Empal Gentong memiliki cita rasa yang kuat dan khas.

Baca juga: Makanan khas Pontianak

4. Karedok

Jika di Jawa Timur ada kuliner khas Pecel, di Jawa Barat ada Karedok. Uniknya bahan untuk Karedok tidak melalui proses perebusan alias dalam keadaan mentah. Karena itulah, makanan ini juga sering disebut sebagai salad tradisional masyarakat Jawa Barat. Sayuran mentah yang masih segar berpadu dengan saus kacang yang kental menghasilkan perpaduan rasa yang gurih. Makanan ini cocok juga sebagai menu sehat untuk program diet.

5. Surabi

Surabi merupakan sebutan untuk kue serabi di Jawa Barat. Makanan ringan yang satu ini selalu disajikan dalam keadaan hangat dengan dua varian, manis dan asin. Surabi memang makanan tradisional, namun sekarang sudah hadir dengan berbagai varian modern seperti diberi topping cokelat, keju atau kacang. Pada kebiasaan masyarakat Jawa Barat masa lampau, surabi dijadikan menu sarapan pagi bersama minuman hangat.

6. Combro

Berkunjung ke Jawa Barat tepatnya kota Bandung, tidak lengkap rasanya tanpa mencicipi combro. Sudah merupakan kebiasaan orang Jawa Barat untuk memberi nama makanan dari singkatan beberapa kata. Combro pun diketahui berasal dari kata oncom di jero atau yang artinya oncom di dalam. Maksudnya, makanan ini memang terbuat dari singkong yang diparut kemudian diisikan oncom di dalamnya. Adonan dibentuk menjadi bulat atau lonjong lalu digoreng.

Sebagaimana selera orang Indonesia, makanan khas Jawa Barat banyak dibuat dengan cita rasa yang kuat dari berbagai rempah pilihan. Sementara makanan lainnya dibuat dengan rasa yang manis yang berasal dari bahan tradisional. Hampir semua makanan Jawa Barat masih eksis hingga kini dan bahkan telah diinovasi.

Anda mungkin juga suka...