Makanan Khas Pontianak

Makanan khas Pontianak

Makanan khas Pontianak –┬áLiburan kamu tidak akan lengkap tanpa mencicipi kuliner nusantara yang khas di Pontianak. Makanan khas Pontianak sangat populer dengan rasanya yang tidak dimiliki oleh kuliner dari daerah lain.

Makanan Enak Khas Pontianak

Beberapa kuliner lezat Pontianak di bawah ini siap menggoyang lidah kamu dengan cita rasanya yang sangat khas.

1. Chai Kwe / Choi Pan

Kuliner nusantara yang berupa balutan adonan tepung kanji dan beras berisi bengkoang, rebung, kucai, kacang dan talas. Panganan halal ini dimasak dengan cara digoreng dan dikukus sesuai selera.

Disajikan bersama bawang putih goreng dan saus cabai encer yang pedas asam sebagai cocolan. Makanan khas Pontianak chai kwe ini selalu bisa membuat penikmatnya ketagihan.

2. Sotong Pangkong

Terbuat dari cumi yang sudah dipanggang hingga kering lalu dipukul palu dan disiram kuah sambal kacang. Cumi untuk kuliner buka puasa ini akan dijemur sampai kering sebelum diolah.

Sotong Pangkong merupakan makanan mengencangkan dengan rasa yang gurih, enak dan nikmat. Lauk khas pontianak ini juga cocok masuk daftar menu untuk sahur.

3. Bubur Pedas

Makanan populer Pontianak merupakan masakan khas suku Melayu Sambas dengan cita rasa gurih segar. Terbuat dari beragam daun rempah seperti daun lengkuas, kangkung, kesum, pucuk daun pakis dan sayuran lainnya.

Tambahan daun kesum ini yang membuat bubur pedas memiliki aroma khas yang hanya ada di Kalimantan Barat. Biasa disajikan dengan tambahan teri goreng dan kacang supaya lebih enak.

4. Burung Punai

Olahan khas burung punai yang hampir sama dengan merpati dan memiliki paruh warna merah. Burung khas Kalimantan Barat ini akan dimasak dengan cara digoreng atau dibakar dan memiliki tekstur yang lembut di lidah.

Saat disantap rasa gurih lezatnya akan terasa kental di lidah sehingga tidak ingin berhenti mengunyah. Penyajiannya bersama nasi, sambal dan lalapan yang sangat khas.

5. Kwecap

Makanan khas Pontianak kwecap atau kuay cap berbahan dasar tepung beras yang diolah menjadi mi lebar. Mie bertekstur lembut ini selanjutnya dipotong lalu disiram minyak babi dan kuah kaldu tulang babi yang keruh keputihan.

Penyajiannya akan ditambah dengan kulit babi goreng, kecap ikan, sambal, lada dan taburan bawang putih goreng. Cita rasa asin pedasnya kwecap akan lebih nikmat disantap selagi panas bersama tambahan bakso tahu.

6. Lempok Durian

Memiliki tekstur seperti dodol namun berupa campuran daging durian dengan gula pasir dan sedikit garam. Sensasi rasa yang diberikan saat dimakan yaitu manis dan asam.

Selama proses pengolahan bahan harus terus diaduk supaya matang merata. Pengolahan jajanan khas Pontianak ini membutuhkan waktu cukup lama sehingga bisa tahan lebih lama.

7. Es Lidah Buaya

Banyaknya sentra budidaya lidah buaya membuat Kota Pontianak memiliki banyak hasil olahan dari lidah buaya. Kesegaran luar biasa dari minuman khas pontianak ini sangat menggoda untuk segera dinikmati saat siang hari terik.

Sebelum diolah, diamkan batang lidah buaya selama satu malam supaya kadar getahnya berkurang. Potong dagingnya untuk direbus bersama gula batu lalu disajikan dengan tambahan es dan perasan jeruk lemon.

8. Sagu gunting

Jajanan es khas Pontianak yang disebut Ce Hun Tiao ini terdiri dari perpaduan sagu dan susu sehingga bertekstur kenyal. Isian lainnya yang berbentuk mie terbuat dari potongan adonan tepung beras dan tepung kanji.

Serta tambahan ketan hitam, bongko, mutiara dan kacang merah sebagai pelengkap. Menawarkan cita rasa manis segar yang berasal dari tambahan gula merah.

Daftar makanan khas Pontianak di atas siap menggoyang lidah kamu ketika berkunjung ke Pontianak. Jangan sampai terlewatkan supaya kamu tidak menyesal.

Anda mungkin juga suka...